Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Seri Artikel : Ngeblog Personal Ala Catatan Adi (Intro)

Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang Catatan Adi sebagai sebuah blog personal. Apa alasan Anda ingin membuat blog personal? Apakah blog personal itu menguntungkan?


Ngeblog Personal Ala Catatan Adi
Blog Personal

Hai manusia, selamat datang di Catatan Adi, sebuah blog personal yang kadang nakal tapi banyak akal. (upssss... nyontek toko sebelah)

Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya sebagai seorang blogger. Sebenarnya agak riskan juga menulis hal ini karena akan mengacaukan trafik.

Helloooo.... siapa mau denger pengalaman pribadi seorang blogger? Ini 2019. Semua butuh artikel yang berjenis  how to, tutorial ngeblog, cara dapet duit, solusi iklan hilang karena update algoritma atau artikel kontroversial.

Mungkin pernyataan itu ada benarnya. Tetapi bukankah untuk hal ini, saya membuat Catatan Adi. Untuk menunjukkan bahwa blog personal belum mati. Ia ada, walau kembang kempis di jagad maya ini.

Oke, saya akan menjelaskan dulu cara mainnya, biar kalau kalah kalian jangan ngambek apalagi ngamuk. Ngoahahahaha.... Becanda keleus...

Jadi seri ini bernama : Ngeblog Personal Ala Catatan Adi. Nantinya akan ada 4 artikel, yakni

  1. Kenapa Catatan Adi? Di artikel ini, saya akan berbagi pengalaman saya dalam membuat Catatan Adi dan kenapa akhirnya saya memilih nama Catatan Adi.
  2. Para inspirator Catatan Adi. Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari sesama blogger. Di sini saya akan berbagi sumber inspirasi yang sudah membantu saya menulis selama ini. Saya yakin, daftar inspirator ini sangat bermanfaat juga bagi Anda.
  3. Tips Bikin Personal Blog. Langkah-langkah bikin blog personal dari nol sampai artikel ini dibuat. Bahkan saya akan upgrade dan update terus bagian yang ini. Saya percaya blog personal tetap merupakan niche blog yang ramai sepanjang masa. 
  4. Masa Depan Blog Personal. Berisi opini saya melihat perkembangan dunia blog dewasa ini. Kalau ditambah sama tulisan ini, ya jadinya 5 artikel. Lumayan buat naikin DA / PA, ngoahahahahaa..... Enggaklah.... Anggap aja artikel ini bonus. Sebenarnya tulisan ini juga diketik pada waktu liburan, jadi agak selow dan bisa eksplor ide-ide yang selama ini terpendam.

Tujuan Seri Artikel : Ngeblog Personal Ala Catatan Adi (Intro) 

Ohya, apa sih tujuan dari seri Ngeblog Personal Ala Catatan Adi ini? Banyak kok, tapi sebagian besar memang saya tujukan untuk diri saya sendiri. Namun jika Anda sebagai blogger atau calon blogger merasa ada manfaatnya juga, saya ikut senang, ngoahahahaa......

Jadi gini, tujuan saya membuat seri ini antara lain :

1. Melatih diri saya membuat artikel series.

Sebenarnya spesialisasi saya adalah content writer dan fiksi. Namun sebagai seorang penulis jaman now, ya harus bisa beradaptasi. Persaingan semakin berat. Untuk itu, tidak ada kata lain selain harus berkembang.

Kenapa harus berkembang? Bukankah sudah punya pasar sendiri? Dunia itu jahat, Ferguso. Lihat saja mereka yang pernah begitu jaya akhirnya tumbang karena gagal beradaptasi. Semacam BB, Nokia, Yahoo, dll.

Untuk itulah saya mencoba membuat sebuah artikel seri. Siapa tahu ternyata disini saya bisa berkembang dan mempelajari skill baru. Mungkin dengan membaca ini, Anda bisa juga menjadi pemecahan ketika punya kesulitan dalam membuat blog atau tertarik dan kemudian mencoba membuat artikel seri.

Artikel seri, menurut definisi saya pribadi, adalah artikel yang saling terkait dengan artikel lainnya dan masih memiliki satu tema besar yang sama. Contohnya, artikel ini terkait dengan empat artikel lainnya. Tema besarnya, curhat. Ngoahahahaa.....

Setelah saya selesai menulis artikel ini, saya bisa sampaikan bahwa ada banyak keuntungan dari menulis artikel seri atau kumpulan artikel. Beberapa yang saya rasakan antara lain ;

  • Melatih diri untuk lebih terampil dalam mengorganisasikan ide.
  • Terbiasa untuk menggali ide dan inspirasi lebih dalam.
  • Disiplin dalam menulis blog dan tidak berpuas diri walau sudah menghasilkan 200 lebih artikel blog.
  • Belajar membuat artikel yang panjang.
  • Berani menampilkan ide-ide original yang mungkin jelas bertentangan dengan patron blog blogging atau artikel how to.

Bagaimana, Anda juga mau mencoba?

2. Mengekspresikan diri.

Kumpulan artikel ini adalah juga sarana bagi saya untuk mengekspresikan diri. Semua hal didalamnya adalah tulisan personal dan memang saya jalani. Bukan nyepin, ngopas, atau ngemodif dari artikel lain yang sudah terkenal. Hal ini akan membuat kita terbiasa untuk menggali ide-ide original.

3. Sharing pengalaman.

Tentu saja sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Saya juga berharap ada hal-hal bermanfaat yang bisa Anda dapatkan di sini maupun artikel-artikel lainnya. 
Harapan saya sih, setidaknya Anda bisa punya gambaran seperti apa kumpulan seri artikel itu dan bagaimana strukturnya. Syukur jika setelah Anda membuatnya, bersedia berbagi dengan saya. Bisa saling share deh kita.

4. Meningkatkan Trafik

Saya sih tidak naif. Semoga dengan membaca rangkaian artikel ini, Anda jadi penggemar setia Catatan Adi. Alhasil trafik meningkat. Tentu bagi semua blogger, trafik adalah segalanya. Siapa sih yang mau blog menjadi sepi pengunjung? Saya juga ga mau. 

Format Bahasa Artikel Series

Dalam menulis artikel ini, saya usahakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik plus. Alias bahasa non-formal namun tetap tidak bias dan tidak alay (semoga).
Ini sebenarnya juga keuntungan blog personal, dapat memakai jenis bahasa yang lebih luwes.

Trafik

Semua juga tahu, trafik tinggi sangat baik pengaruhnya, khususnya bagi mereka para profesional blogger yang mengandalkan cara mendapatkan uang sebagai penayang iklan google adsense atau penyedia content placement. 

Apakah trafik dari artikel series akan tinggi? Tergantung. Tidak ada yang bisa memastikan. Semua jenis artikel pun sama. Justru yang harus dipahami adalah apa itu trafik, darimana trafik berasal, dan apa syarat sebuah artikel supaya memiliki trafik tinggi?

Kita akan bahas hal tersebut di kesempatan yang lain ya. Namun jika Dee Lestari, Eka Kurniawan dan Raditya Dika bisa mendapat trafik tinggi, maka Anda juga berpotensi menjadi sukses seperti mereka.
Oke saya rasa cukup sekian dari saya. Untuk selanjutnya silahkan masuk ke artikel pertama dari seri artikel Ngeblog Personal Ala Catatan Adi.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Seri Artikel : Ngeblog Personal Ala Catatan Adi (Intro) "